Tips Mencegah Sakit Gigi

Tips Mencegah Sakit Gigi - Memiliki gigi yang bersih, sehat dan kuat adalah dambaan setiap orang. Gigi yang sehat akan meningkatkan rasa percaya diri anda saat berbicara dengan orang lain. Untuk mendapatkan gigi yang sempurna bukanlah hal yang sulit jika Anda mengikuti langkah berikut : 



1. Menggosok gigi secara teratur 
Menggosok gigi adalah kegiatan wajib jika ingin memiliki gigi yang bersih sehat dan kuat. Menyikat gigi bisa dilakukan dua sampai tiga kali sehari terlebih setelah makan dan ketika mau tidur. Manfaat menyikat gigi teratur selain menyegarkan nafas juga akan terhindar dari sakit gigi. Jika Anda malas menggosok gigi, maka akan menyebabkan masalah kesehatan seperti tumbuhnya karang gigi, radang gusi dan bisa mengalami tanggalnya gigi. 

2. Periksakan ke Dokter Gigi 
Menyikat gigi adalah hal wajib untuk mencegah masalah gigi dan mulut, tapi itu saja tidak cukup. Karang gigi akan tumbuh di sela-sela gigi yang tak terjangkau saat menyikat gigi. Karang gigi ini sebaiknya dibersihkan oleh Dokter Gigi dengan peralatan yang memadai. Periksakan gigi anda setiap enam bulan sekali untuk membersihkan dan merawat gigi agar senyum anda semakin menawan. 

3. Penuhi kebutuhan kalsium 
Selain dibutuhkan tulang, kalsium juga penting untuk gigi. Gigi tertanam pada tulang rahang di dalam mulut. Jika kepadatan tulang rapuh, maka gigi tidak lagi memiliki pijakan yang kuat untuk tumbuh. Cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan kalsium adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium. Contoh makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium antara lain brokoli, sarden, keju, yoghurt dan salmon. 

4. Konsumsi Vitamin C 
Vitamin C sangat penting untuk menjaga kesehatan gusi agar terbebas dari penyakit. Vitamin C juga akan memperkuat pembuluh darah jaringan ikat yang menahan gigi di rahang. Manfaat vitamin C yang lain yaitu membantu mengurangi peradangan gusi. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan kacang-kacangan. 

5. Perbanyak minum air putih 
Air akan membersihkan partikel makanan yang tertinggal di gigi. Jika tidak sempat menyikat gigi, minimal kumurlah dengan air putih setelah makan. Minum teh hijau tanpa gula juga baik untuk kesehatan gigi, karena mampu membunuh bakteri yang terdapat dalam mulut. Teh hijau lebih kecil kemungkinannya untuk menyebabkan plak di mulut dibanding teh biasa. Dengan mengikuti tips mencegah sakit gigi di atas, diharapkan anda dapat terhindar dari penyakit mulut dan sakit gigi.

Semoga Bermanfaat

0 Response to "Tips Mencegah Sakit Gigi"

Post a Comment